6 Cara Efektif Menghadapi Anak Picky Eater

6 Cara Efektif Menghadapi Anak Picky Eater

Semua orang tua pasti ingin melihat anaknya bisa makan dengan lahap tanpa harus pilih-pilih makanan. Sayangnya hal ini seringkali tidak mudah untuk diwujudkan. Banyak orang tua yang harus menghadapi masalah anak pemilih makanan. Berikut ada 6 cara efektif yang bisa diterapkan untuk menghadapi anak picky eater.

  1. Buat Menu yang Menarik

Jangan biarkan anak terbiasa mengonsumsi hanya makanan yang mereka sukai. Anda harus berusaha agar anak mau makan apapun yang diberikan untuknya. Caranya dengan menyajikan makanan dalam bentuk dan cara yang menarik. Berikan variasi menu yang menarik namun tetap bergizi seimbang.

  1. Hindari Memaksa Anak

Anak yang pemilih makanan tidak akan bisa dihadapi dengan paksaan. Justru Anda sama sekali tidak disarankan untuk memaksa anak saat mereka sulit makan. Memaksa anak untuk makan justru bisa membuat mereka trauma dan akhirnya malas makan.

Jika ada beberapa jenis makanan yang enggan ia konsumsi, cobalah untuk tidak memberikannya terlebih dahulu. Berikan makanan tersebut di kemudian hari dengan cara yang berbeda agar anak menyukainya.

  1. Bantu Anak untuk Fokus

Jangan membiasakan anak Anda makan sambil menonton TV maupun bermain handphone. Penting sekali untuk membantu anak fokus saat makan. Ini dilakukan agar ia terbiasa dengan aktivitas makan tanpa distraksi apapun. Poin ini sangat penting untuk diperhatikan demi menghindari ketergantungan gawai pada anak.

  1. Biarkan Anak Makan Sendiri

Jangan menghalangi anak Anda saat mereka ingin menyentuh makanan. Berikan kesempatan bagi anak untuk makan makanan mereka sendiri. Anda bisa membuatkan finger food bagi anak usia 8 bulan ke atas. Biarkan anak belajar untuk makan sendiri karena ini juga bisa menjadi bentuk latihan kemandirian bagi anak.

  1. Berikan Contoh

Sebagai orang tua, Anda harus memberikan contoh kepada anak. Tunjukkan kepada anak bahwa Anda bisa menikmati jenis makanan apapun. Berikan contoh kepada mereka mengenai cara makan yang tepat. Berikan pengertian bahwa memilih-milih makanan itu tidak baik.

Ajak anak untuk makan bersama menghabiskan makanan yang tidak mereka sukai. Cara ini bisa menjadi pilihan yang sangat efektif. Anak biasanya akan semakin bersemangat jika mereka makan bersama orang tuanya.

  1. Coba Berulang Kali

Jangan ragu memberikan makanan berulang kali kepada anak. Misalkan, anak tidak mau sarapan. Siapkan makanan yang bisa ia konsumsi sesuka hati di rentang waktu antara sarapan dan makan siang. Coba tawarkan makanan berulang kali kepada anak. Bisa dalam bentuk camilan maupun makan besar.

Itulah tadi 6 cara efektif menghadapi anak yang picky eater. Hal ini sangat wajar terjadi pada anak. Tak perlu panik dan berlebihan memaksa anak untuk makan. Biarkan saja fase tersebut terjadi pada dirinya. Seiring dengan berjalannya waktu, anak pasti akan menemukan kebiasaan makan yang tepat dan sehat.

admin

shares