Panduan Waktu yang Tepat Memberikan Susu Formula pada Bayi

Panduan Waktu yang Tepat Memberikan Susu Formula pada Bayi

Pemberian susu formula pada bayi memang bisa dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Orang tua bisa berkonsultasi dulu kepada tenaga kesehatan dan membeli produk susu formula di toko perlengkapan bayi. Jika memang susu formula diperbolehkan, berikut adalah waktu yang tepat untuk memberikannya.

  1. Pagi Hari

Anda bisa memberikan susu formula kepada bayi di pagi hari. Biasakan anak Anda untuk memulai hari dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Minum susu di pagi hari akan membantu si kecil mendapatkan energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Ia juga akan merasa lebih bersemangat untuk mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya.

  1. Sebelum Tidur

Berikan susu formula di malam hari sebelum bayi Anda tertidur. Minum susu di malam hari akan membantu anak tidur lebih nyenyak. Kualitas tidur si kecil juga akan meningkat karena ada kandungan triptopan pada susu yang akan membentuk hormon melatonin. Hormon inilah yang bisa meningkatkan kualitas tidur si kecil.

  1. Tidak Berdekatan dengan Waktu Makan

Pilihan waktu minum susu yang tepat akan sangat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Sebaiknya hindari pemberian susu berdekatan dengan waktu makan. Dianjurkan Anda memberi jeda selama kurang lebih 2 jam setelah atau sebelum makan untuk minum susu formula.

Bagi bayi yang masih di bawah usia 6 bulan dan belum mulai makan, pemberian susu formula juga perlu diberi jeda. Anda bisa memberikan susu formula setiap 3 hingga 4 jam sekali. Ini berlaku jika si kecil sama sekali tidak minum ASI dan hanya mendapatkan asupan nutrisi dari susu formula.

  1. Sajikan dalam Bentuk Lain

Susu formula sebenarnya tidak hanya bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman. Minum susu formula memang harus diatur sesuai jadwal agar si kecil tetap mendapat gizi seimbang dan tidak berlebihan. Namun, si kecil tetap bisa mengonsumsi susu formula di saat-saat ia memakan camilan.

Anda bisa menyajikan susu formula dalam bentuk yang lain. Misalnya dengan menggunakan susu formula sebagai salah satu bahan untuk membuat camilan di antara waktu makan. Cara ini akan membuat si kecil bisa mendapatkan nutrisi yang lengkap.

  1. Hindari Waktu setelah Makan

Anda perlu menghindari memberi susu formula setelah waktu makan. Apalagi jika bayi Anda masih berusia di bawah 1 tahun dan baru semangat belajar makan. Pemberian susu setelah waktu makan akan membuat lambung si kecil penuh dan meningkatkan risiko muntah. Meskipun si kecil meminta, jangan memberikannya.

Itulah tadi beberapa pilihan waktu pemberian susu formula untuk si kecil. Saat ini Anda bisa mendapatkan produk susu formula dengan mudah. Ada banyak pilihan susu formula yang bisa Anda dapatkan dan pastikan Anda memilih yang terbaik. Supaya lebih hemat, Anda bisa berbelanja saat ada promo susu formula di online shop.

admin

shares